Translate

Sabtu, 10 Agustus 2013

Radiologi Vertebralis (tulang belakang)

Assalamu’alaikum wr.wb. Bismillahirrohmanirrohim..........langsung saja ya teman2..

Baiklah sebelum kita ke radiologinya alangkah baiknya kita mengulang belajar columna vertebralis dulu ya,,,columna vertebralis terdiri dari vertebra cervicalis, thoracalis, lumbalis,sacrum dan coccygeus. Vertebra cervicalis jumlahnya ada 7, thoracalis 12, lumbalis 5, sacrum ada 5 juga tapi jadi satu, dan coccygeus ada 4. jadi jumlah semua tulang vertebra itu ada 7+12+5+5+4 = 33 buah. Allah menciptakan jumlah tulang vertebra kita ada 33 buah,ini sama dengan kalo kita berdzikir sebanyak 33 kali, subhanAllah sekali ya teman2,,entah kebetulan atau gimana???yang pasti tidak ada sesuatu di dunia ini yang kebetulan semua sudah digariskan oleh Allah.

clip_image002[4]clip_image004

Nah sekarang ayo liat gambarnya, begitu teraturnya Allah menciptakan kita, coba kita lihat susunan tulang vertebra dari samping dan kita menemukan lengkungan-lengkungannya yaitu kifosis (pada cervical), lordosis (pada thoracal), kifosis lagi (pada lumbal) dan selebihnya lordosis lagi. Mengapa Tuhan menciptakan seperti itu?tentu ada maksudnya dong ...yups ternyata hal itu berfungsi untuk menjaga berat-badan. Tulang vertebra itu ada sendi-sendinya namun sendinya pendek-pendek karena disusun untuk pergerakan agar tidak kaku sehingga kita dapat membungkuk, kayang bahkan ada manusia plastik yang tubuhnya bisa ditekuk-tekuk entah gimana. Karena jumlah persendian yang banyak di tulang vertebra maka harus diberi bantalan di discuss vertebralis (ruang antara tulang vertebra) yang berupa kantong kuat berisi gel dan ditutup oleh serabut-serabut yang sering disebut dengan nukleus pulposus. Nah, jika terjadi hentakan yang kuat dan dapat menimbulkan trauma ini akan membuat tulang vertebra bergeser namun tidak patah dan karena disitu ada kantong yang kuat tadi yaitu nukleus pulposus maka akan membuat jendolan (jawanya mecotot) sehingga menekan saraf-saraf yang ada di medulla spinalis dan terjadilah nyeri yang amat sangat. Selain itu di tulang vertebra terdapat foramen intervertebralis yang merupakan tempat dilaluinya serabut-serabut saraf.

1. VERTEBRAE CERVICALIS

clip_image006

Vertebrae Cervicalis memiliki sifat sangat kompak dan kuat karena melindungi medulla spinalis yang menghubungkan ke otak dan selain itu leher itu kan sangat kecil. Pada vertebrae cervicalis yang paling atas itu namanya atlas coba liat gambar lagi ya,,disitu processus transversus berlubang sebagai jalan a.vertebralis yang berfungsi memberi makan cerebellum kita dan di depan dari vertebra cervicalis tampat jalannya a.carotis yang dilindungi oleh tulang-tulang processus transversus. Ini kata dokternya jangan sampai memukul/dipukul bagian a.carotis terutama glommus carotis karena jika sampai dipukul dapat menghambat jalannya oksigen ke otak sehingga entar orangnya bisa kelenger. Dan pada cervical ke VII memiliki processus spinosus yang memanjang sehingga dapat kita raba.

2. VERTEBRAE THORACALIS

clip_image008clip_image010

Vertebrae Thoracalis, nah pada vertebrae thorachalis ini memiliki processus spinosus yang cukup panjang, selain processus spinosus ada processus artikularis superior dan inferior yang membentuk persendian antara tulang vertebrae dan terdapat canalis servikalis yang selalu melindungi medulla spinalis. Ada juga processus acessorius dan processus costalis yang dapat dilihat pada gambar. Pada corpus vertebrae terdapat inti epifisis anularis (penulangan yang berbentuk cincin) yang bersinostosis dengan corpus vertebrae sampai usia 18 tahun. Bagian sentral epifisis tetap bertahan seumur hidup sebagai lempeng tulang rawan hyalin yang bentuknya ledok/melengkung. Adanya tulang rawan hyalin membuat antara tulang vertebrae satu dan yang lain menjadi lentur sehingga tidak cepat aus. Ya di veretbra thoracalis ada lengkung sendi yang berhubungan dengan costae juga, ini selingan saja ya...costae itu bengkok seperti perempuan,kok??? temen2 inget kan kalo perempuan itu tercipta dari tulang rusuk laki-laki. Maka dari itu jika terlalu keras meluruskan costae maka akan patah dan jika dibiarkan maka akan tetap bengkok. Sebaiknya memang harus pelan-pelan dalam membimbing perempuan. Nah,, untuk para cowok diinget-inget ya...perempuan dicipta bukan dari kepala atau kaki tapi dari tulang rusuk karena dekat di hati untuk disayang dan dekat dengan lengan untuk dilindungi.

3. VERTEBRAE LUMBALIS

clip_image012

Vertebrae lumbalis terdiri dari 5 ruas, masing-masing ruas memiliki unit fungsional yang terdiri dari dua segmen yaitu bagian depan dan belakang. Bagian depan dari unit fungsional VL terdiri atas corpus vertebrae yang dihubungkan oleh diskus intervertebrae dan diperkuat oleh ligamentum longitudinal anterior dan posterior yang melekat erat pada corpus vertebrae. Bagian depan VL ini berfungsi sbg penahan berat badan dan peredam gerakan yang tiba-tiba. Dan VL bagian belakang ini berfungsi melindungi saraf pada SSP yang terdapat didalamnya, gerakan fleksi dan ekstensi kearah depan dan belakang.

4. clip_image014clip_image016SACRUM DAN COCCYGEUS

Os Sacrum adalah 5 tulang vertebrae yang menjadi satu berbentuk seperti perisai, mengapa menjadi satu???jawabannya agar kita dapat duduk. Lalu yang terakhir adalah os coccygeus ( tulang ekor) yang bejumlah 4 pada waktu intrauterin os coccygeus dulu juga panjang tapi seiring dengan berkembangnya janin akhirnya nggak panjang kayak ekor. Pada wanita sakrum dan lumbal lebih banyak ke belakang hal itu terjadi saat kehamilan sehingga membantu saat partus artinya bayinya dapat keluar dari uterin.

Huuufffffffttt, begitu terstrukturnya Allah menciptakan kita, lalu...Nikmat Tuhan yang mana lagi yang kita dustakan??? Baik teman-teman setelah kita belajar tentang struktur vertebrae yang diciptakan begitu rincinya oleh arsitekur Sang Maha Agung kita akan berlanjut ke radiologis vertebralis.

1. Kelainan pada vertebra cervicalis

clip_image018

Nah dari gambar radiologi tersebut terlihat VC II (Vertebra Cervicalis II) yang paling lebar karena VC III patah dan mengalami dislokasi tapi medula spinalisnya masih utuh sehingga terjadi blok antara VC II dan VC III dan alhamdulillah tidak terjadi kelumpuhan, kenapa??yups betul karena medula spinalisnya masih utuh.

clip_image020

Yang ini apaan lagi???yang ini terjadi osteofit dan fraktur pada VC sehingga rasanya sakiiiiiit dan harus pake collar neck.

Ada juga yang berbentuk scissor yaitu VC patah dan meleset sehingga medulla spinalis terlihat seperti tergunting dan Innalillah terjadi kelumpuhan, yang ini nggak ada gambarnya hanya diceritakan oleh dokternya.

clip_image022

Yang gambar ini, VCnya terlalu melengkung kebelakang, processus spinosusnya terlihat berdempetan banget dan a.vertebralisnya juga melengkung kebelakang karena Vcnya melengkung kebelakang.

     

clip_image024

Yang ini pemeriksaannya pake MRI (sebelah kanan) jadi medula spinalisnya terlihat banget ya temen-temen..tuh terlihat kalo tulang VC dislokasi/melesek ke sinus vertebralis kemudian mendesak medulla spinalis, jika menekan banget maka akan timbul nyeri. Yang gambar ini aliran darah otaknya masih normal

clip_image026clip_image028

Dan pada gambar MRI ini terjadi fraktur dan dislokasi VC, yang dilokasi terjadi hipointens dari posterior sampai distal karena kegencet. Pada X-Ray terlihat begitu menekuk yang berarti terjadi lithiasis sudah mencapai derajat III sehingga dapat menyebabkan kelumpuhan.

clip_image030

Dan yang ini tulang-tulangnya menyambung lalu terjadi pengapuran sehingga lehernya lurus nggak bisa digerakkan. Terjadi biplast sindrom yang menimbulkan nyeri.

     

2. Vertebrae Thorakalis (VT),

clip_image032

nah pada gambar radiologis ini tulangnya menjadi satu semua biasanya disebabkan karena infeksi TB. Nah infeksi TB akan memicu terjadinya pengapuran lalu tulang-tulangnya menyatu deh yang disebut dengan spondilitis TB. Lama-lama tulang akan hancur terus fraktur dan mengkompresi medulla spinalis dan akhirnya lumpuh.

clip_image034

Yang gambar ini terlihat terjadi kompresi pada tulang-tulang vertebra thorakalis.

3. VERTEBRA LUMBALIS

clip_image036

Dari gambar disamping itu dari MRI namun yang 0,3 Tesla (g twtulisannya bener pa nggak??) karena Cuma 0,3 Tesla rekonstruksinya jelek ya kayak gambar itu tu..yang bagus itu 1 atau 1,5 Tesla, tapi itu mahal banget katanya.

clip_image038

MSCT vertebra lumbalis, dari hasil gambar radiologi tersebut jelas banget ya temen2 kalo vertebra lumbalnya kepotong kemungkinan karena trauma, karena VLnya saja kepotong maka medulla spinalisnya juga kepotong sehingga bagian bawah itu menjadi lumpuh.

clip_image040

Vertebra lumbalis dan Sakrum terlalu melengkung melebihi 1200 sehingga terjadi Instabilitas pada lumbal saraf dan menyebabkan LBP (LowBackPain)

clip_image042

Dan yang ini VL nya kelengkungannya berkurang seolah-olah sulit untuk diluruskan, hal ini dikarenakan terjadi spasme yang biasanya disebabkan oleh kecapekan.

 
  clip_image044

clip_image046

Wedge Fraktur VL I, ini mengalami patah pada VL I dan perlu dilakukan pemasangan plate. Untuk pemasangan plate dilakukan laminektomi terlebih dahulu yaitu penghilangan proc.spinosus lalu dipasang plate seperti gambar berikut. Pada awal pemasangan itu kan masih ada lubangnya jika dipukul akan sakit sekali dan jika sudah pemasangan platenya sudah lama jadinya nggak sakit lagi deh...

clip_image048

Pada gambar VC berikut itu terlihat terjadi myelitis karena terinfeksi oleh varicella zooster.

clip_image050

Pada gambar disamping intensitas signal berkurang, terlihat yang TI agak gelap terus yang T II lebih putih karena jaringannya mengalami peradangan karena infeksi sehingga disebut dengan mielitis.

Infeksi Medulla Spinalis

n . Primer : Virus (herpes, coxsackie dan polio virus )

n Sekunder : dari epidural abses, infeksi meningeal kronis yang disebabkan oleh tuberculosis dan meningitis fungal

n MRI merupakan modalitas diagnostic primer untuk deteksi infeksi medulla spinalis Ă  sensitif

n Gambaran myelitis pada MRI seringkali juga tidak typical / spesifik dan sukar dibedakan dari proses non-inflamasi maupun myelopathy lainnya.

n Pada umumnya pada MRI ditemukan peningkatan intensitas intrameduller pathologis baik fokal maupun diffuse pada gambaran T2 yang bisa atau tanpa disertai dengan effek masa.

n Enhancement post kontras ditemukan pada beberapa kasus, akan tetapi pada infeksi virus, terutama pada fase awal, pemberian kontras sering kali tidak memberikan enhancement pathologis

Alhamdulillah....akhirnya selesai juga editan saya ini,,,meski hanya berbekal cakul yang tulisannya seperti cakar ayam terimakasih buat teh ina yang membantu membaca cakul saya sendiri dan Chidew yang mencarikan buku-buku radiologi..akhirulkalam semoga bermanfaat, ayo semangat blok 15 semoga lulus semua...Wassalamu’alaikum wr.wb

EDITOR : Nana dari kuliah dr. Bagaswoto, Sp.Rad

19 komentar:

izin ngopy dong.. penting. Lathifah

email: ukhtilathifah@yahoo.com

maaf izin copy ya ka..
Debby
debby_rita@yahoo.com

maaf boleh minta filenya gak?
ichti
ichtiyaa@gmail.com
makasihh

Bang ijin copy yaah..,, penting nih soalnya.
Joking
familyseran@yahoo.co.id

izin copy ya
rizqie.amalia@ymail.com

izin copy untuk tugas, terima kasih
miakamiilah@yahoo.com

izin copy yaaa untuk tugas, terimakasih
Jazaakumullah
mintana1998@gmail.com

Izin copy ya. Mintana Marito

Email : mintana1998@gmail.com

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

vivi_binalole12274@yahoo.com

izin copas
aan
anshorisor@gmail.com

IZIN COMPAS GAN

WULANKARTIKA115@GMAIL.COM

IZIN NGOPY WULANKARTIKA115@GMAIL.COM

izin copy yaa
anggitalioni22@yahoo.com

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Cedera tulang belakang memang agak sulit mengatasinya. Tetapi dunia kedokteran sudah berkembang. salam.

Vertebra atau tulang belakang harus di jaga tetap lurus agar tidak sampai menyebabkan cidera. Terimakasih

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More